Tips Menulis Cover Letter yang Bagus. Pelajari Disini!

Businessman working laptop for new architectural project. Generic design  notebook - The MIL Corporation

Apakah anda sedang menuliskan surat lamaran kerja untuk dikirim bersamaa dengan resume anda? Pentng untuk diingat bahwa surat lamaran anda berpengaruh dalam memberikan kesan tentang diri anda yang akan membantu anda nantinya dalam proses wawancara kerja.

Seringkali tidak disadari, ketika anda menulis surat lamaran untuk melamar pekerjaan terkadang ada saja hal-hal kecil yang bisa menciptakan perbedaan besar. Semakin sempurna surat anda, maka semakin baik pula peluang anda untuk mengesankan tim rekrutnya.

Nah, berikut kami sajikan beberapa tips dalam menulis cover letter terbaik yang bisa membantu anda lolos dalam pekerjaan dan mendapatkan posisi pekerjaan yang anda inginkan.

  1. Pilih jenis cover letter

Ada beberapa jenis surat lamaran yang biasanya dikirimkan ke tim rekrut ataupun melalui kontaknya secara langsung. Misalnya, ada surat lamaran tradisional yang biasanya ditulis untuk melamar lowongan pekerjaan tertentu.

Surat minat atau surat calon pembeli merupakan sebuah surat dimana anda menanyakan kemungkinan lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan tersebut. Surat lamaran kontak yang ditulis untuk perusahaan yang belum mengiklankan lowongan pekerjaan nya.

Pastikan untuk memilih jenis surat lamaran yang mencerminkan dengan posisi yang sedang anda lamar.

  1. Melebihi resume

Surat lamaran tidak boleh hanya berbentuk versi lain dari resume anda. Sebaliknya , surat ini harus memberikan bukti spesifik tentang apa yang akan anda bawakan untuk perusahaan nantinya.

Untuk surat, anda bisa memilih dua hingga tiga keterampilan atau kemampuan yang ingin anda soroti. Kemudian berikanlah contoh-contoh kapan dan dalam situasi apa anda bisa menunjukkan situasi ini.

Misalnya, jika anda ingin menonjolkan pengalaman dan keterampilan dalam mengajar anak-anak, maka berikanlah contoh bagaimana anda berhasil mengajar seorang siswa. Anda juga bisa emasukkan momen ketika anda sedang mengajar.

Bila memungkinkan, sertakan juga rentang angka untuk menunjukkan bagaimana nilai tambah anda bagi perusahaan yang anda tuju. Berdasarkan contoh sebelumnya, maka anda bisa menunjukkan grafik data bagaimana perubahan nilai yang berhasil dicapai oleh para siswa yang anda bombing.

Jika anda baru saja lulus dan belum memiliki banyak pengalaman kerja, anda bisa menyoroti beberapa keterampilan dalam resume anda. Berikan bukti dari proyek, kelas, pekerjaan sukarelawan, dan lainnya untuk menunjukkan bahwa anda memiliki keterampilan lainnya.

  1. Tulis surat pengantar khusus

Manajer perekrutan biasanya bisa mengetahui dengan cepat apakah surat lamaran pekerjaan yang anda tulis telah anda gunakan untuk semua lamaran pekerjaan yang anda tuju atau tidak. Untuk itu, sebaiknya anda harus bisa menyesuaikan surat lamaran yang anda tulis dengan minat pada posisi pekerjaan yang anda lamar.

Targetkan setiap huruf agar sesuai dengan pekerjaan tertentu. Cara terbak adalah dengan mencocokkan kualifikasi anda dengan pekerjaan yang anda lamar.

Perhatikanlah dengan baik daftar pekerjaan dan pilihlah dua sampai tiga keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dibuat. Dalam surat jangan lupa untuk memberikan contoh saat anda mendemonstrasikan keterampilan tersebut.

  1. Jangan tunjukkan kekurangan anda

Ada beberapa hal yang tidak harus disertakan dalam surat lamaran. Jika anda tidak mmemiliki keterampilan atau gelar yang dibutuhkan sebaiknya jangan sebutkan dalam surat. Fokuslah untuk menyoroti keterampilan dan pengalaman anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Namun, jika sebelumnya anda mengalami masalah dalam pekerjaan anda seperti diberhentikan atau keluar dari pekerjaan anda maka surat lamaran inilah sebagai kesempatan anda untuk menjelaskan mengenai masalah ini.

Jika anda berniat untuk membahas masalah ini, sebaiknya bahaslah permasalahan ini secara singkat saja lalu fokuslah kembali untuk menoroti keterampilan dan kemampuan anda.

  1. Format surat lamaran yang benar

Sangat penting untuk memberikan kesan baik dalam wawancara. Pastikan untuk membuat format surat lamaran dengan benar. Jika anda mengirim surat fisik sebaiknya gunakan format surat bisnis. Cantumkan informasi kontak anda, tanggal, dan informasi pemberi kerja di bagian atas surat.

Jika anda berniat mengirim surat lamaran sebagai email, format yang akan anda gunakan sedikit berbeda. Anda harus menyertakan baris subjek untuk bagian nama dan jabatan anda.

Surat pengantar tidak boleh lebih panjang dari satu halaman atau paling banyak sampai tiga atau empat paragraph.

Penting untuk mengirim cover letter dan lampiran resume anda dengan benar. Untuk itu, masukkanlah semua informasi yang diminta sesuai lamaran kerja agar mereka bisa menghubungi anda untuk menjadwalkan wawancara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *