Anda Suka Pisang? Inilah Manfaat Dan Beberapa Jenis Pisang

Buah satu ini memiliki banyak penggemar, tidak hanya di Indonesia tapi juga luar negeri. Alasannya menggemari buah berwarna kuning ini dikarenakan rasanya yang manis dan juga mudah untuk dikonsumsi. Buah berwarna kuning tersebut adalah pisang. Buah pisang bisa dikonsumsi dari berbagai kalangan, mulai dari lansia, dewasa, remaja, anak-anak sampai pada bayi sekalipun.

Karena dagingnya yang lembut dan mudah untuk dikunyah alias tidak perlu tenaga lebih untuk mengunyah buah pisang ini. Selain itu buah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh . Berikut manfaat dari buah pisang untuk tubuh manusia:

  • Menjaga tekanan darah stabil
  • Dapat mengontrol gula darah
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mata
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah penuaan sejak dini
  • Mencegah terjadinya rasa kecemasan

Sepertinya Anda sudah tahu bahwa pisang memiliki banyak jenisnya. Jenis pisang di Indonesia saja hampir tak dapat atau tidak bisa dihitung menggunakan jari tangan. Pisang tak hanya memiliki rasa manis, namun ada juga yang harus melawati masa pengolahan baru nikmat untuk disantap. Lalu apa saja ya jenis-jenis pisang, mari simak.

Sumber: https://blog.elevenia.co.id/jenis-pisang-dan-cara-pengolahannya/

  1. Pisang Kepok

Sudah tidak asing ditelinga orang Indonesia dengan pisang satu ini. Pisang Kepok cukup populer di Indonesia karena memiliki cita rasa manis setelah diolah dengan cara direbus. Pisang kepok yang umumnya dikonsumsi yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Jika kamu ingin membuat keripik pisang bisa menggunakan jenis pisang ini. Untuk asalnya, pisang kepok berasal dari Filipina, namun sekarang sudah dikembangkan di Indonesia.

  1. Pisang Cavendish

Pisang yang popular di Indonesia kedua yaitu pisang Cavendish. Jika Anda melihat pisang dengan ukuran sedang bahkan besar dengan kulit kuning mulus di supermarket, inilah pisangnya, pisang Cavendish. Pisang ini asalnya dari Negara Amerika.  Pisang ini pas sekali untuk dimakan langsung bagi Anda yang sedang menjalani program diet karena dengan ukurannya yang cukup besar bisa membuat perut Anda kenyang walau hanya memakan satu buah saja.

Cita rasa yang dihasilkan pisang ini yaitu manis dengan tekstur dagingnya yang padat dan lembut. Selain dimakan langsung, Anda bisa membuat smoothies pisang dan kue dengan pisang Cavendish.

  1. Pisang Susu

Selanjutnya ada jenis pisang yang juga jadi kegemaran masyarakat Indonesia terutama anak-anak. Kenapa digemari anak-anak? Tentunya karena pisang ini memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan jenis-jenis pisang lainnya. Pisang susu ini memiliki rasa manis, tekstur dagingnya lembut, dan seperti namanya pisang ini memiliki cita rasa layaknya susu yaitu creamy.

Selain nikmat dimakan secara langsung, pisang Susu juga biasa menjadi bahan untuk olahan makanan manis seperti pisang susu keju, pancake pisang, pudding pisang susu, kolak pisang dan masih banyak lagi.

  1. Pisang Tanduk

Yang keempat ada pisang tanduk. Pisang ini berbeda dengan ketiga jenis pisang sebelumnya, pisang ini tidak bisa atau lebih tidak enak dimakan secara langsung. Jadi harus melewati proses pengolahan seperti digoreng sehingga menjadi pisang goreng. Setelah menjadi pisang goreng, pisang Tanduk rasanya sangat nikmat, cita rasanya sangat manis. Bentuk asli dari pisang Tanduk adalah besar, panjang menyerupai bentuk tanduk.

  1. Pisang Mas

Pisang Mas memiliki kulit berwarna kuning layaknya emas tanpa adanya bitnik-bintik cokelat yang biasanya terdapat pada jenis-jenis pisang lainnya. Pisang ini bisa dimakan secara langsung, dan memiliki cita rasa manis, dengan daging buah yang halus dan juga tebal. Pisang Mas juga cocok untuk diolah menjadi brownies pisang ataupun bolu.

Itu tadi penjelasan tentang manfaat dan juga 5 jenis pisang. Tentunya jenis pisang masih banyak lagi. Jika Anda sedang mencari buah pisang atau buah-buahan yang lainnya bisa cek TaniHub di laman https://tanihub.com . Di TaniHub selain buah, tersedia juga sayur, sembako, daging, telur, dan bumbu masakan yang diambil dari petani yang ada di Indonesia secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *